Rabu, 11 September 2013

Peranan Annual Conference pada Perguruan Tinggi

Peranan Annual Conference pada Perguruan Tinggi

Paper Halaqoh
Disajikan pada tanggal 27 Juni 2013

Pembimbing:
Prof. DR. Kyai H. Ahmad Mudlor, S.H

Oleh:
Rizal Furqan Ramadhan
Mahasiswa Semester VI
Jurusan Teknik Informatika
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang



Halaqoh Ilmiah
LEMBAGA TINGGI PESANTREN LUHUR MALANG
Juni 2013



A.    Pendahuluan
Alhamdulillah,segala puji kita aturkan kepada Allah SWT karena atas limpahan rahmat,taufik,dan hidayahnya para umat islam di dunia diberikan pencerahan,kenikmatan dalam menghadapi hidup setiap hari.Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan umat muslim yaitu Nabi Agung Muhammad SAW yang merupakan The Leader Of Moeslem karena atas jasa beliau umat islam menjadi berkembang sampai pada abad ini.

Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Peserta didik perguruan tinggi disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidik perguruan tinggi disebut dosen. Menurut jenisnya, perguruan tinggi dibagi menjadi dua:
·         Perguruan tinggi negeri adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah.
·         Perguruan tinggi swasta adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pihak swasta.

Perguruan tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian (UU 2 tahun 1989, pasal 16, ayat (1)).

Konferensi merupakan media komunikasi tatap muka yang memberikan suatu kemungkinan bahwa dengan konferensi dapat dicapai suatu pemahaman bersama yang tidak mungkin dicapai melalui komunikasi secara tertulis.
Konferensi juga diadakan oleh lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi, dimana adanya konferensi memiliki tujuan tertentu demi kepentingan bersama antar perguruan tinggi yang mengikuti konferensi tersebut. Sesuai dalam paper ini akan dibahas mengenai “Peranan Annual Conference pada Perguruan Tinggi”.


B.     Pembahasan
Annual menurut kamus bahasa inggris berarti tahunan, sedangkan conference menurut kamus bahasa inggris adalah konferensi atau kongres. Konferensi adalah rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.

Annual Conference merupakan konferensi tahunan yang diikuti oleh lembaga atau instansi tertentu baik itu perusahaan, perguruan tinggi dan lain- lain. Annual Conference pada perguruan tinggi adalah pertemuan antara masing – masing utusan dari perguruan tinggi yang mana nantinya akan membahas, berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi oleh perguruan tinggi yang masih hangat terjadi.

Adapun peran diadakannya Annual Conference adalah :
1.      Mengetahui perkembangan hasil studi, riset, dan pemikiran ilmu pengetahuan dalam lingkungan perguruan tinggi
2.      Menggali dan mencermati kontribusi ilmu-ilmu pengetahuan dari perkembangan hasil studi, riset, dan pemikiran
3.      Mendorong pengembangan dan peningkatan mutu akademik, melalui perbincangan akademis dan pertukaran publikasi hasil penelitian dan pemikiran ilmiah secara luas, langsung, dan berkala.
4.      Merumuskan agenda studi, riset, pemikiran.

Kita bisa ambil contoh pada pelaksanaan Annual Conference On Islamic Studies yang diadakan sejak tahun 2001. Kegiatan Annual Coference on Islamic Studies ini adalah forum pertemuan tahunan yang diikuti oleh para pimpinan perguruan tinggi Islam, para sarjana, ilmuwan dan pemerhati kajian Islam dari seluruh wilayah Indonesia. Konferensi ini telah terselenggara sejak tahun 2001 dan kemudian berlangsung setiap tahun secara berturut-turut sampai dengan sekarang. Forum ini telah menghasilkan sejumlah rekomendasi penting terkait dengan perkembangan hasil studi, riset, dan kajian keislaman dalam berbagai disiplin keilmuan dalam rangka merespons persoalan kemanusiaan dan isu-isu nasional maupun global.
Kegiatan ini juga telah mendapat perhatian serius dari para sarjana, peneliti, dan peminat kajian Islam secara luas, baik dari dalam maupun luar lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI).
Sebagai forum tahunan, Annual Conference ini akan menjadi ajang berdiskusi dan bertukar informasi bagi para pengelola PTAI dan para peminat ilmu-ilmu keislaman untuk menjadikan PTAI sebagai lembaga pendidikan tinggi yang kredibel, akseptabel, dan akuntabel serta mengembangkan kajian-kajian keislaman yang lebih aktual dan relevan dalam rangka menyahuti harapan besar bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang benar benar merdeka, berdaulat, dan memiliki daya saing tinggi.
Untuk mencapai tujuan dimaksud, Annual Conference On Islamic Studies ke-8 menyiapkan sejumlah agenda strategis, yaitu:
1.      Perumusan kontribusi ilmu-ilmu keislaman terhadap penyelesaian masalah-masalah umat Islam dan bangsa Indonesia dalam meningkatkan daya saing bangsa
2.       Pemaparan makalah ilmiah dari hasil studi, riset, dan kajian keislaman kontemporer dalam berbagai tema. Dalam hal ini, panitia telah menerima 183 makalah ilmiah, 17 disertasi dan 9 tesis yang kemudian diseleksi oleh tim penilai dan telah ditetapkan sebanyak 64 judul makalah pilihan yang akan dipresentasikan pada konferensi ini.
3.      Publikasi dalam bentuk buku, jurnal koleksi makalah ilmiah yang juga akan dipresentasikan pada ACIS ke-8 ini.

Berdasarkan sampel pada Annual Conference On Islamic Studies di Indonesia dibawah naungan Departemen Agama diperoleh beberapa poin mengenai inti dari dilaksanakannya Annual Conference. Inti dari pelaksanaan Annual Conference tersebut diantaranya :
1.      Untuk mempertemukan para pimpinan perguruan tinggi, para sarjana – sarjana serta para pemerhati perkembangan ilmu pengetahuan dikalangan perguruan tinggi yang masih berkembang dikalangan masyarakat umum.
2.      Annual Conference juga menjadi salah satu media untuk menciptakan suatu riset terbaru dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan
3.      Sebagai media untuk menjalin hubungan dengan para sarjana dan peneliti dari berbagai dunia dalam rangka saling tukar pikiran mengenai perkembangan ilmu yang dikuasai
4.      Sebagai media pemaparan makalah ilmiah hasil riset atau penelitian terbaru

C.    Penutup
Berdasarkan pembahasan diatas, peran dari Annual Conference di perguruan tinggi lebih cenderung untuk memajukan ilmu pengetahuan yang telah ada dan yang sedang berkembang. Dengan beberapa cara yakni dengan mengundang para sarjan dan peneliti, mendatangkan pembicara atau keynote speaker di rangkaian acara tersebut serta membuat ajang pemaparan makalah ilmiah dari hasil studi dan riset yang baru dilakukan sebagai bahan ilmu pengetahuan baru.
DAFTAR RUJUKAN
-          Terms of Reference ACIS KE-7 ANNUAL CONFERENCE ON ISLAMIC STUDIES  IN INDONESIA

-          Teks Sambutan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI pada Acara Pembukaan ANNUAL CONFERENCE ON ISLAMIC STUDIES (ACIS) KE-8

1 komentar:

  1. Harrah's Resort Southern California - Dr. Maryland
    With a stay 안동 출장마사지 at Harrah's 청주 출장안마 Resort Southern California in Harrah's Rincon, 대구광역 출장마사지 you'll be 성남 출장마사지 steps from Golden Nugget Southern California 김천 출장마사지 Casino and 8 minutes

    BalasHapus